Profil
A rejoint le : 18 avr. 2022
À propos

Mengatasi kebutuhan akan perawatan peralatan medis yang lebih baik,

Rumah sakit di seluruh dunia menyaksikan lonjakan arus masuk pasien. Akibatnya, ada kebutuhan yang meningkat untuk memelihara peralatan rumah sakit dan menyediakan fasilitas diagnostik yang lebih baik.


Mengikuti tren ini, industri peralatan medis dan jasa pemeliharaan tumbuh sebesar 1.7% untuk mencapai pendapatan $3 miliar. Layanan kesehatan yang lebih baik tidak dapat diberikan dengan manajemen peralatan yang tidak kompeten.


Sementara statistik menjanjikan pertumbuhan yang konsisten, industri perawatan kesehatan berjuang setiap hari dengan pemeliharaan peralatan rumah sakit. Jadi, mengapa hal ini terjadi?

Institusi medis dan insinyur biomedis menghadapi banyak tantangan setiap hari ketika merancang layanan pemeliharaan.


1. Mengkoordinasikan jadwal layanan:


Dengan berbagai jenis perangkat medis untuk pemeriksaan kinerja, persyaratan layanan pelacakan bisa sangat banyak.

Hal ini terutama berlaku dalam kasus di mana insinyur biomedis harus menangani peralatan di seluruh fasilitas. Koordinasi jadwal perlu mendapat perhatian khusus karena alasan berikut:


Produsen berbeda dalam rekomendasi layanan

Staf klinis tidak mengikuti jadwal pengiriman peralatan ke produsen

Tidak semua aset medis memiliki kebutuhan pemeliharaan preventif yang sama.


2. Memperoleh dukungan pabrikan:


Sebagian besar waktu, insinyur biomedis dapat mendiagnosis masalah peralatan dan memecahkannya di tempat. Namun, dalam beberapa kasus, teknisi medis kurang memahami komponen mesin utama.

Ini berarti bahwa insinyur harus menghubungi produsen peralatan untuk mendapatkan dukungan yang bermasalah tanpa catatan vendor atau kartu garansi. Data peralatan yang hilang akhirnya mengganggu jadwal perawatan.


3. Mengatur suku cadang:


Mengamankan suku cadang untuk peralatan yang rusak sering kali menjadi rintangan dalam rutinitas perawatan yang efisien. Vendor mungkin menghentikan produksi komponen tertentu atau salah menghitung permintaan, yang mengakibatkan tidak tersedianya komponen. Dalam kasus ini, ini membantu untuk pra-rencanakan jadwal layanan sehingga gangguan pada menit terakhir dapat dihindari.


Merampingkan perawatan peralatan rumah sakit dengan manajemen aset


Sebagian besar organisasi perawatan kesehatan memilih sistem manajemen otomatis. Memilih program semacam itu memungkinkan Anda mengumpulkan informasi yang akurat dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan. Selain itu,

perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk melacak catatan penting dan meningkatkan pendelegasian tugas.


Sekarang, mari kita lihat bagaimana Anda dapat menggunakan manajemen aset untuk membuat program pemeliharaan yang kokoh untuk inventaris Anda.


1. Manajemen inventaris


Saat mengelola rumah sakit, mulailah dengan mendokumentasikan semua aset yang ada sehingga Anda dapat merencanakan kegiatan pemeliharaan di sekitarnya.

Tandai berbagai peralatan medis berdasarkan jenisnya dan masukkan ke dalam sistem manajemen online.


Dengan cara ini, setiap perangkat memiliki ID uniknya sendiri dan dapat dilacak dengan mudah. Selain itu, gunakan label kode batang untuk mencatat detail yang relevan terhadap setiap aset.

Entri data otomatis menurunkan risiko kesalahan manusia sehingga rumah sakit dapat menyimpan data yang akurat setiap saat. Untuk menyederhanakan proses, pisahkan inventaris ke dalam kategori yang berbeda seperti peralatan pencitraan, perangkat yang terintegrasi dengan TI, atau bahan habis pakai seperti cairan dan obat-obatan.


Selanjutnya, inventaris Anda harus selengkap mungkin.

Selain nomor seri aset, tambahkan data mengenai ketersediaan perangkat alternatif, frekuensi kegagalan, serta waktu henti dan biaya perbaikan.


Menambahkan bidang yang disesuaikan lebih mudah saat menggunakan sistem manajemen peralatan medis yang kuat.


2. Jadwal perawatan


Pemeliharaan alat kesehatan meliputi perbaikan aset serta sterilisasi alat. Untuk menghindari penyebaran bakteri dan infeksi, rumah sakit harus proaktif merencanakan jadwal pelayanan.


Gunakan perangkat lunak manajemen peralatan untuk menghasilkan tiket layanan untuk pemeliharaan peralatan segera setelah Anda membeli aset.

Solusi tersebut memungkinkan Anda untuk menerapkan pemeliharaan preventif sehingga Anda dapat menghilangkan kemungkinan kerusakan mendadak.


Selain itu, berikan teknisi dengan daftar vendor yang dapat diandalkan dari database Anda untuk fasilitas perawatan khusus.


3. Audit reguler


Selain menjadwalkan acara pemeliharaan rutin, memenuhi peraturan kepatuhan sangat penting untuk rumah sakit. Ketidakpatuhan dapat menyebabkan:


Bahaya kesehatan bagi pasien dan dokter: Mengkompromikan kepatuhan berarti mengorbankan keselamatan peralatan medis. Peralatan yang tidak sesuai dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi siapa pun yang bersentuhan dengan perangkat, baik itu pasien,

seorang dokter atau anggota staf rumah sakit.

Hukuman dari badan pengatur: FDA telah menetapkan pedoman kualitas mendasar untuk industri perawatan kesehatan. Oleh karena itu, Program Quality Care 2011 berfungsi untuk membantu rumah sakit menjaga peralatan mereka agar sesuai standar. Biaya non-kepatuhan sangat tinggi dan sebagian besar pusat medis tidak mampu membayar hukuman dan tuntutan hukum yang panjang.

Siapkan program kepatuhan di rumah sakit Anda dengan mempelajari pedoman industri saat ini dan pastikan untuk mengikutinya. Audit berkala sangat berguna dalam upaya ini karena membantu menandai masalah kepatuhan yang luput dari perhatian.

Sistem pemeliharaan peralatan memungkinkan Anda untuk melakukan audit rutin sehingga Anda dapat memverifikasi status seluruh inventaris Anda dan memastikan keamanan peralatan medis setiap saat.


4. Manajemen siklus hidup


Melacak aset medis sepanjang masa pakainya akan memungkinkan Anda merampingkan semua proses pemeliharaannya.

Otomatiskan manajemen siklus hidup dengan program perangkat lunak dan telusuri riwayat penggunaan untuk semua jenis peralatan.


Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengakses data layanan lengkap untuk setiap aset individu, dari saat pengadaan hingga pensiun. Manajemen siklus hidup juga memungkinkan pembuangan tepat waktu untuk semua alat berat Anda.


Dengan cara ini, Anda dapat menghindari gangguan yang terjadi di tengah operasional sehari-hari. Selain itu, Anda juga dapat menghemat uang dengan menghentikan mesin lama atau menjualnya dengan nilai sisa daripada menjadwalkan perbaikan skala besar. Dapatkan pengganti pada waktu yang tepat!


5. Laporan yang dapat ditindaklanjuti


Analisis data yang mendalam memungkinkan Anda mengukur kinerja peralatan rumah sakit.

Untuk tujuan ini, tekankan pentingnya pencatatan data yang rajin kepada staf rumah sakit sehingga siapa pun yang menggunakan perangkat tahu bahwa mereka harus memperbarui statusnya.


Merekam jejak penggunaan ini jauh lebih sederhana dengan perangkat lunak yang juga menyediakan data mengenai riwayat perawatan, nilai terdepresiasi, dan tingkat stok saat ini untuk semua mesin Anda.

Dengan statistik ini, insinyur biomedis menyiapkan laporan yang dapat ditindaklanjuti untuk memeriksa tingkat pengembalian peralatan dan tren umum dalam manajemen aset. Laporan semacam itu juga membantu menemukan area yang perlu diperbaiki.


Misalnya, jika Anda melihat biaya perawatan yang terus meningkat untuk pompa jarum suntik, Anda dapat memulai penyelidikan.

Mungkin lebih baik mengganti pompa daripada melakukan perbaikan ekstensif padanya.


Masalah manajemen peralatan sehari-hari diselesaikan dengan perangkat lunak manajemen medis

Semakin banyak industri yang menyadari manfaat otomatisasi bisnis, dan proses manual mulai mereda.

Perawatan kesehatan adalah salah satu industri yang melihat peningkatan yang solid dalam adopsi solusi perangkat lunak seperti perangkat lunak manajemen peralatan untuk memelihara peralatan rumah sakit.


Sistem tersebut memberikan kemampuan manajemen yang lengkap untuk rumah sakit, termasuk pelacakan aset, pemeliharaan peralatan, manajemen vendor dan staf, dan regulasi kepatuhan.

Solusi ini juga memungkinkan insinyur biomedis merancang rutinitas pemeliharaan preventif untuk mencegah kerusakan sebelum waktunya. Selain itu, organisasi perawatan kesehatan modern mengatur audit untuk mendapatkan kepatuhan dan melacak seluruh siklus hidup aset.


Mereka juga menggunakan perangkat lunak untuk mengakses real-data waktu mengenai aset mereka yang membuat pelaporan tahunan lebih sederhana dan lebih akurat.


article ditulis ulang dalam bahasa indonesia oleh: zicare.id

z
zicare2000
Plus d'actions